SMP NEGERI 1 RANDUDONGKAL

Jl. Budi Utomo No. 2 Randudongkal Telp. 0284-584313 Pemalang 52353

Unggul Dalam Mutu Santun Dalam Perilaku

KRITERIA KELULUSAN MINIMAL TP. 2017/2018

Selasa, 20 Februari 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 2709 Kali

Hierarchi kompetensi pencapaian hasil belajar pada Kurikulum 2013 (Kelas VII, VIII, dan IX) berturur-turut : Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Pada Kompetensi Inti (KI) dipisahkan secara eksplisit antara ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap (spiritual dan sosial). Tugas guru menjabarkan setiap Kompetensi Dasar (KD) menjadi sejumlah indikator pencapaian hasil belajar.

              Keberhasilan siswa dalam pencapaian kompetensi ditandai dengan tercapainya batas ketuntasan belajar masing-masing mata pelajaran yang disebut standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM setiap mata pelajaran ditentukan dengan menghitung KKM indikator pencapaian yang kemudian diakumulasi sesuai dengan hierarchi kompetensi sampai diperoleh KKM per mata pelajaran tingkat sekolah.

            Perumusan KKM pada Kurikulum 2013 (Kelas VIIVIII,  dan IX)

 

 

 

 

 

KKM Mapel (Pengetahuan)

 

KKM tk.sek.

(pengetahuan)

KKM Indikator

 

KKM KD

 

 

 

 

 

 

 

 

KKM Mapel (Keterampilan)

 

KKM tk.sek (keterampilan)

              Faktor yang menentukan KKM meliputi 3 aspek, yaitu (1) Kompleksitas kompetensi yang harus dikuasai siswa. (2) kemampuan sumber daya pendukung (daya dukung, dan (3) tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake) yang masing-masing gradasinya seperti tabel pada halaman berikut.

 

Tabel 2

Aspek KKM dan Gradasinya

Aspek

Gradasi

Skor

1

Kompleksitas kompetensi

Rendah

3

Sedang

2

Tinggi

1

2

Daya dukung

Rendah

3

Sedang

2

Tinggi

1

3

Kemampuan siswa (intake)

Sangat Rendah

4

Rendah

3

Sedang

2

Tinggi

1

 

              KKM untuk kelas VIII, dan IX ditulis menggunakan skala 0 – 100.Mata pelajaran untuk kelas VIII, dan IX ranah pengetahuan maupun keterampilan ditetapkan ³ 68, ranah sikap ³B (Baik). Dengan berasumsi bahwa tingkat kompleksitas kompetensi pada semester 1 dan 2 setara, maka KKM untuk semester 1 dan 2 dinyatakan sama.

                                                      Tabel 3

                                  Kualifikasi Nilai Kelas VII

 

No

Kualifikasi

Rentang Nilai

1

Sangat Baik

91-100

2

Baik

81-90

3

Cukup

71 -80

4

Kurang

< 70

      

KKM untuk kelas VII ditulis menggunakan skala 0 – 100.Mata pelajaran untuk kelas VII ranah pengetahuan maupun keterampilan ditetapkan ³ 70, ranah sikap ³B (Baik). Dengan berasumsi bahwa tingkat kompleksitas kompetensi pada semester 1 dan 2 setara, maka KKM untuk semester 1 dan 2 dinyatakan sama.

Tabel 5

    KKM Mata Pelajaran per semester Tahun Pelajaran 2017/2018

KURIKULUM 2013

Mata Pelajaran

KKM

VII

Kelompok A

 

  1. Pend.Agama & Budi Pekerti

73

  2. PPKn

73

  3. Bahasa Indonesia

73

  4. Matematika

73

  5. IPA

73

  6. IPS

73

  7. Bahasa Inggris

73

  Kelompok B

 

  1. Seni Budaya

73

  2. Penjas Orkes

73

  3. Prakarya

73

  4. Bahasa Jawa (muatan lokal)

73

Ranah Sikap (KI 1 dan KI 2) pada kelas VII untuk semua mata pelajaran  berlaku KKM ≥ 73

 

Tabel 4

                                                  Kualifikasi Nilai Kelas VIII dan IX

 

No

Kualifikasi

Rentang Nilai

1

Sangat Baik

86-100

2

Baik

71-85

3

Cukup

56-70

4

Kurang

< 55

 

Tabel 6

    KKM Mata Pelajaran per semester Tahun Pelajaran 2017/2018

KURIKULUM 2013

Mata Pelajaran

KKM

VIII

IX

Kelompok A

 

 

  1. Pend.Agama & Budi Pekerti

75

76

  2. PPKn

76

76

  3. Bahasa Indonesia

74

75

  4. Matematika

68

68

  5. IPA

72

73

  6. IPS

75

75

  7. Bahasa Inggris

75

75

  Kelompok B

 

 

  1. Seni Budaya

76

77

  2. Penjas Orkes

75

75

  3. Prakarya

76

76

  4. Bahasa Jawa (muatan lokal)

75

75

Ranah Sikap (KI 1 dan KI 2) pada kelas VIII, dan IX untuk semua mata pelajaran  berlaku KKM ≥ 68

KOMENTARI TULISAN INI