Hierarchi kompetensi pencapaian hasil belajar pada Kurikulum 2013 (Kelas VII, VIII, dan IX) berturur-turut : Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Pada Kompetensi Inti (KI) dipisahkan secara eksplisit antara ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap (spiritual dan sosial). Tugas guru menjabarkan setiap Kompetensi Dasar (KD) menjadi sejumlah indikator pencapaian hasil belajar.
Keberhasilan siswa dalam pencapaian kompetensi ditandai dengan tercapainya batas ketuntasan belajar masing-masing mata pelajaran yang disebut standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM setiap mata pelajaran ditentukan dengan menghitung KKM indikator pencapaian yang kemudian diakumulasi sesuai dengan hierarchi kompetensi sampai diperoleh KKM per mata pelajaran tingkat sekolah.
Perumusan KKM pada Kurikulum 2013 (Kelas VIIVIII, dan IX)
|
|
|
KKM Mapel (Pengetahuan) |
KKM tk.sek. (pengetahuan) |
||
KKM Indikator |
|
KKM KD |
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM Mapel (Keterampilan) |
KKM tk.sek (keterampilan) |
Faktor yang menentukan KKM meliputi 3 aspek, yaitu (1) Kompleksitas kompetensi yang harus dikuasai siswa. (2) kemampuan sumber daya pendukung (daya dukung, dan (3) tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake) yang masing-masing gradasinya seperti tabel pada halaman berikut.
Tabel 2
Aspek KKM dan Gradasinya
Aspek |
Gradasi |
Skor |
|
1 |
Kompleksitas kompetensi |
Rendah |
3 |
Sedang |
2 |
||
Tinggi |
1 |
||
2 |
Daya dukung |
Rendah |
3 |
Sedang |
2 |
||
Tinggi |
1 |
||
3 |
Kemampuan siswa (intake) |
Sangat Rendah |
4 |
Rendah |
3 |
||
Sedang |
2 |
||
Tinggi |
1 |
KKM untuk kelas VIII, dan IX ditulis menggunakan skala 0 – 100.Mata pelajaran untuk kelas VIII, dan IX ranah pengetahuan maupun keterampilan ditetapkan ³ 68, ranah sikap ³B (Baik). Dengan berasumsi bahwa tingkat kompleksitas kompetensi pada semester 1 dan 2 setara, maka KKM untuk semester 1 dan 2 dinyatakan sama.
Tabel 3
Kualifikasi Nilai Kelas VII
No |
Kualifikasi |
Rentang Nilai |
1 |
Sangat Baik |
91-100 |
2 |
Baik |
81-90 |
3 |
Cukup |
71 -80 |
4 |
Kurang |
< 70 |
KKM untuk kelas VII ditulis menggunakan skala 0 – 100.Mata pelajaran untuk kelas VII ranah pengetahuan maupun keterampilan ditetapkan ³ 70, ranah sikap ³B (Baik). Dengan berasumsi bahwa tingkat kompleksitas kompetensi pada semester 1 dan 2 setara, maka KKM untuk semester 1 dan 2 dinyatakan sama.
Tabel 5
KKM Mata Pelajaran per semester Tahun Pelajaran 2017/2018
KURIKULUM 2013 |
|
Mata Pelajaran |
KKM |
VII |
|
Kelompok A |
|
1. Pend.Agama & Budi Pekerti |
73 |
2. PPKn |
73 |
3. Bahasa Indonesia |
73 |
4. Matematika |
73 |
5. IPA |
73 |
6. IPS |
73 |
7. Bahasa Inggris |
73 |
Kelompok B |
|
1. Seni Budaya |
73 |
2. Penjas Orkes |
73 |
3. Prakarya |
73 |
4. Bahasa Jawa (muatan lokal) |
73 |
Ranah Sikap (KI 1 dan KI 2) pada kelas VII untuk semua mata pelajaran berlaku KKM ≥ 73 |
Tabel 4
Kualifikasi Nilai Kelas VIII dan IX
No |
Kualifikasi |
Rentang Nilai |
1 |
Sangat Baik |
86-100 |
2 |
Baik |
71-85 |
3 |
Cukup |
56-70 |
4 |
Kurang |
< 55 |
Tabel 6
KKM Mata Pelajaran per semester Tahun Pelajaran 2017/2018
KURIKULUM 2013 |
||
Mata Pelajaran |
KKM |
|
VIII |
IX |
|
Kelompok A |
|
|
1. Pend.Agama & Budi Pekerti |
75 |
76 |
2. PPKn |
76 |
76 |
3. Bahasa Indonesia |
74 |
75 |
4. Matematika |
68 |
68 |
5. IPA |
72 |
73 |
6. IPS |
75 |
75 |
7. Bahasa Inggris |
75 |
75 |
Kelompok B |
|
|
1. Seni Budaya |
76 |
77 |
2. Penjas Orkes |
75 |
75 |
3. Prakarya |
76 |
76 |
4. Bahasa Jawa (muatan lokal) |
75 |
75 |
Ranah Sikap (KI 1 dan KI 2) pada kelas VIII, dan IX untuk semua mata pelajaran berlaku KKM ≥ 68 |
Copyright © 2017 - 2022 SMP NEGERI 1 RANDUDONGKAL All rights reserved.
Developed by sekolahku.web.id